Langsung ke konten utama

Cara Membuat Dompet Kulit Sendiri

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT DOMPET KULIT SENDIRI

Posted on 18 November 2016 at 1:50 by adminkb5 / 0
201535
Dompet adalah item wajib yang menemani setiap kegiatan sehari-hari hampir semua orang. Mulai dari cowok, cewek, tua, muda, sampai anak-anak pun memanfaatkannya demi menyimpan uang. Tapi buat cowok, dompet punya peran yang lebih penting. Dompet yang keren konon bisa meningkatkan kadar kekerenan cowok sampai berkali-kali lipat pula.
Salah satu dompet yang diyakini sahih kerennya buat para cowok adalah dompet kulit. Kesannya yang tangguh, dan tentunya maskulin membuat cowok yang menggunakannya terlihat lebih cool. Sayang, dompet kulit terkenal mahal. Jadi pikir-pikir deh sebelum membelinya.
Tapi jangan khawatir kali ini kulitbagus akan memberimu cara bagaimana membuat dompet kulit sendiri dengan mudah dan murah. :

1. SIAPKAN BEBERAPA ALAT SERTA BAHAN, DIANTARANYA:

  • Kulit, karena kita mau bikin dompet kulit, maka bahan yang kita butuhkan ya kulit ini. Bisa kamu dapatkan di toko-toko kulit di kotamu. Untuk tahap belajar, gunakan kulit dengan kualitas rendah terlebih dulu.
  • Pisau tajam
  • Gunting tajam
  • Penggaris yang terbuat dari stainless steel
  • Lem kulit, ini juga bisa didapatkan di toko-toko kulit
  • Pensil, digunakan untuk membuat alur di kulit
  • Jarum,
  • Benang
  • Pembuat lubang, kalau nggak ada, bisa sementara pakai paku kok.
  • Palu yang kepalanya terbuat dari karet

2. POTONG KULIT MENJADI DUA BAGIAN, SATU UNTUK BAGIAN LUAR DAN SATU LAGI UNTUK BAGIAN DALAM DOMPET

Potonglah dua lembar kulit. Satu untuk bagian luar, dan satunya lagi untuk bagian dalam. Untuk bagian dalam dompet, potong kulit dengan ukuran 29cm x 10cm. Dan bagian luar dompet 31cm x 10cm.

4. BUAT GARIS PADA KULIT, UNTUK MENENTUKAN DIMANA KALIAN AKAN MELIPAT KULIT

Kemudian beri tanda dengan pensil, kemudian sayat dengan menggunakan ujung paku agar mudah dilipat. Pada bagian kulit yang akan digunakan untuk bagian luar, ukur kulit dari samping masing-masing sepanjang 5,5cm kemudian buat garis menggunakan pensil. Agar lebih mudah dilipat, gunakan bagian luar paku atau apapun lalu tekan garis yang telah kamu buat tadi.

4. LALU LIPATLAH UNTUK KULIT BAGIAN DALAM

5. BUAT GARIS DENGAN MENGGUNAKAN KARTU DEBIT, ATAU KTP JUGA BOLEH

6. REKATKAN BAGIAN ANTARA TITIK YANG TELAH DI LIPAT

Untuk merekatkan bagian ini, gunakan lem kulit, lalu kemudian ketuk-ketuk perlahan menggunakan palu yang berkepala karet maupun plastik. Palu dengan jenis seperti ini berguna untuk menghindari cacat yang tak didinginkan di permukaan kulit.

7. GAMBAR LAGI GARIS DAN LUBANG UNTUK MENENTUKAN POSISI KARTU NANTINYA

Kemudian, setelahnya barulah kamu membuat titik-titik untuk menentukan jarum jahit dengan menggunakan alat khusus yang disebut stitching wheel, atau jika tidak punya, cukup gunakan pensil dan penggaris, lalu tandai dengan pensil dan buatlah titik-titik yang berjarak sekitar 6mm. Setelahnya, gunakan jarum untuk melubangi titik-titik tersebut. Ingat! hanya bagian tengah yang seukuran kartu saja ya, yang di pinggir-pinggir nggak usah dilubangin

8. JAHIT KULIT

9. GABUNGKAN KULIT BAGIAN LUAR DAN DALAM, KEMUDIAN JAHIT KEDUANYA MENJADI SATU

Pastikan kamu menggunakan benang yang kuat untuk menyatukan dompet ini.

10. HARUS DI INGAT! DI BAGIAN ATAS DOMPET, JANGAN JAHIT KULIT BAGIAN LUAR, KARENA RUANG INI DIGUNAKAN UNTUK MENYIMPAN UANG

Jangan jahit kulit terluar bagian atas! Cukup dua bagian yang ada di dalam saja. Karena bagian ini nantinya akan digunakan untuk meletakkan uang kertas kamu. Nggak mungkin kan kamu nggak naruh iang di dalam dompet ini.

12. DOMPET KULIT BIKINAN SENDIRI SUDAH JADI

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kerajinan dari Plastisin

Membuat Kerajinan Tangan Bunga Mawar dari Plastisin
Selamat malam semua, malam ini saya akan menuliskan tentang cara membuat kerajinan tangan bunga mawar dari plastisinSebelumnya mari tonton video berikut ini 

http://www.youtube.com/watch?v=oReZyrJzZiA
Atau klik disini 

Bahan yang harus disiapkan  1.Plastisin / Lilin  2.Wadah untuk plastisin  3.Alat perekat 4.Kardus dan gunting 
Cara pembuatan  1.Buat bulatan kecil dari plastisin  2.Regangkan plastisin menggunakan jari telunjuk  3.Lupat plstisin hingga membentuk kuncup  4.Tambahkan lipatan lainnya sampai membungkus kuncupnya  5.Lakukan seterusnya hingga terlihat seperti bunga yang mekar 6.Siapkan kardus dan hiasannya

Mekanisme Pendengaran pada Hewan

Frekuensi Suara Yang Bisa Didengar Binatang Frekuensi suara yang bisa didengar oleh binatang sebenarnya adalah bermacam-macam tergantung dari jenis binatang itu sendiri. Ada yang mendekati dengan batas frekuensi yang bisa didengar oleh manusia dan ada juga yang jauh diatas frekuensi pendengaran manusia. Berdasarkan range frekuensi, gelombang suara dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) macam yaitu : Infrasonic (1 Hz sd 20 Hz)Acoustic (20 Hz sd 20.000 Hz)Ultrasonic ( > 20.000 H)
Berikut beberapa contoh hewan dengan batas frekuensi yang bisa didengarnya :
1.Frekuensi Yang Bisa Didengar Kelelawar Kelelawar merupakan hewan yang bisa terbang dalam kegelapan. Mereka tidak menggunakan mata untuk melihat dalam gelap melainkan dengan menggunakan suara dengan frekuensi tinggi atau yang lebih dikenal sebagai gelombang ultrasonic. Ketika terbang kelelawar memancarkan gelombang ultrasonic yang kemudian gelombang tersebut akan diterima kembali oleh kelelawar setelah dipantulkan kembali oleh benda atau dind…

Hasil Olahan Beras Padi dan Cara Membuatnya

Hai! Bertemu lagi dengan saya. Kali ini saya akan membahas tentang hasil olahan beras padi dan cara membuatnya. Berikut beberapa resep yang dapat saya sampaikan :

1. Bubur Ayam





Bahan yang diperlukan untuk membuat bubur Sediakan beras kualitas bagus sebanyak 200 gram. Kualitas beras sangat penting karena berpengaruh pada tampilan bubur anda.Kaldu ayam sebanyak 2 liter.Sediakan daun salam sebanyak 3 lembar.Garam ± 2 sendok teh.Bahan bahan untuk bumbu halus Ambil bawang putih ukuran sedang sebanyak 4 siung.Ambil juga bawang merah kira kira 6 hingga 7 buah.Sediakan juga ketumbar sekitar 1 sendok teh.Dan juga kemiri 5 butir.Jangan lupa kupas kunyit paling tidak 1 cm sajaBahan bahan untuk kuah bubur ayam Sebaiknya gunakan 1 ekor ayam kampung.Air bersih sekitar ¾ liter.Garam 1 sendok teh.Lada bubuk ± ½ sendok teh.Biji pala gunakan setengahnya saja.Sediakan juga kecap manis paling tidak 2 sendok makan.Sedikit minyak goreng untuk menumis.Bahan bahan pelengkap lainnya 1 batang seledri dan iris tipis …