Langsung ke konten utama

Cara Membuat Kerajinan dari Sabun

Alat-alat yang Diperlukan untuk Kerajinan Tangan dari Sabun


Alat-alat untuk membuat kerajinan tangan dari sabun sangat sederhana, tergantung apa yang akan kita buat. Contoh kita akan membuat bunga dari sabun, maka alat-alat yang diperlukan untuk membuat bunga dari sabun yaitu:
  • Parutan keju
  • Mangkok
  • Pot Bunga
  • Sumpit

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sabun


Cara membuat kerajinan tangan dari sabun ada beberapa metode. Ada yang dipahat, dicetak dan ada pula yang dibentuk setelah dileburkan terlebih dahulu. Nah, untuk sekarang kita akan membuat bunga dari sabun, caranya yaitu sebagai berikut:
  1. Parutlah sabun batang menggunakan parutan keju.
  2. Masukkanlah parutan sabun batang ke dalam mangkok dan tambahkan tepung maizena/tapioca, kemudian aduklah secara merata (saat mengaduk, jangan lupa untuk tambahkan air secukupnya).
  3. Pisahkan adonan tersebut menjadi dua bagian. Bagian pertama berikan pewarna hijau dan bagian kedua tambahkan pewarna merah.
  4. Untuk membuat tangkainya, dapat menggunakan sumpit.
  5. Ambil sebagian adonan berwarna merah untuk dibentuk menjadi bunga yang diletakan di sumpit.
  6. Balutlah sumpit dengan adonan hijau sampai menyerupai daun.
  7. Ulangilah langkah 3-5 hingga adonan habis.
  8. Setelah selsai semuanya, biarkan hingga mengering.
  9. Bunga yang sudah mengering dapat disimpan di pot bunga.

Contoh Ide Kerajinan Tangan dari Sabun Lainnya


Ada banyak sekali contoh untuk dijadikan inspirasi membuat kerajinan tangan dari sabun. Contohnya bunga, berbagai bentuk hewan, kendaraan, boneka, telur, es krim, atau apapun sesuai dengan keinginan kamu.

Kelebihan Kerajinan Tangan dari Sabun


Kelebihan dari kerajinan tangan dari sabun yaitu mudah dibentuk menjadi apa saja, bahan yang digunakan mudah didapatkan dimana saja, dan memiliki aroma atau bau yang sangat wangi, sehingga cocok jika diletakan di ruang keluarga, tamu atau pun kamar tidur

Kekurangan Kerajinan Tangan dari Sabun

Tentunya kerajinan tangan dari sabun ini juga memiliki kekurangan. Sehingga sebelum kamu memutuskan untuk membuatnya, kamu harus mengetahui kekurangan-kekurangan dari kerajinan tangan dari sabun. Kekurangannya yaitu tidak tahan terhadap air atau rusak jika terkena air, tidak tahan benturan sehingga tidak dapat dikirim ke tempat yang jauh jika tidak membawanya dengan hati-hati, dan juga faktor kegagalan yang cukup tinggi apabila membuatnya menggunakan pahat, mudah patah jika tidak hati-hati.

Kerajinan Tangan dari Sabun Berbentuk Bunga

Bunga merupakan sebuah karya seni yang paling banyak dibuat dalam kerajinan tangan dari sabun. Terlihat memang sedikit rumit karena sabun batangan harus dirubah menjadi bahan yang dilumerkan terlebih dahulu.
Setelah sabun lumer, diamkan hinga bahan menjadi satu. Kemudian potonglah menjadi lembaran-lembaran yang terbuat dari sabun.
Untuk membentuk bunga, lembaran-lembaran tersebut yang sudah dibuat dapat dibentuk untuk membuat bunga. Karena bahannya elastis namun juga tetap kuat, sabun juga dengan mudah untuk dibentuk.
Perlu diingat, pada saat mencampur bahan harus membuat beberapa lembar dengan variasi warna yang berbeda sehingga dapat menjadi paduan warna yang cantik.
Untuk batangnya dapat menggunakan batangan besi yang dilapisi dengan adonan sabun, sangat mudah bukan membuat kerajinan bunga dari sabun

Kerajinan Tangan dari Sabun Berbentuk Kupu-kupu

Membuat bentuk kupu-kupu dapat langsung dibentuk tanpa harus dibuat adonan. Cukup siapkan beberapa alat ukir yang cukup kecil dengan bermacam ukuran.
Membuat pola terlebih dahulu di batangan sabun kemudian ukir sesuai pola dengan kedalaman yang simetris

Kerajinan Tangan dari Sabun Kue Lapis Legit


Jika dilihat kerajinan tangan ini terlihat seperti kue lapis legit sungguhan. Memang sangat mirip sekali kerajinan tangan dari sabun ini  dengan bentuk dan tekstur menyerupai aslinya.
Cara membuatnya sangat mudah dengan menggunakan adonan sabun. Kemudian campurkan warna yang sesuai dengan tekstur kue yang lezat tersebut.
Berbagai jenis kue tiruan dari sabun dapat dibuat karena seperti mengganti adonan kue cukup menggunakan adonan dari sabun saja.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kerajinan dari Plastisin

Membuat Kerajinan Tangan Bunga Mawar dari Plastisin
Selamat malam semua, malam ini saya akan menuliskan tentang cara membuat kerajinan tangan bunga mawar dari plastisinSebelumnya mari tonton video berikut ini 

http://www.youtube.com/watch?v=oReZyrJzZiA
Atau klik disini 

Bahan yang harus disiapkan  1.Plastisin / Lilin  2.Wadah untuk plastisin  3.Alat perekat 4.Kardus dan gunting 
Cara pembuatan  1.Buat bulatan kecil dari plastisin  2.Regangkan plastisin menggunakan jari telunjuk  3.Lupat plstisin hingga membentuk kuncup  4.Tambahkan lipatan lainnya sampai membungkus kuncupnya  5.Lakukan seterusnya hingga terlihat seperti bunga yang mekar 6.Siapkan kardus dan hiasannya

Mekanisme Pendengaran pada Hewan

Frekuensi Suara Yang Bisa Didengar Binatang Frekuensi suara yang bisa didengar oleh binatang sebenarnya adalah bermacam-macam tergantung dari jenis binatang itu sendiri. Ada yang mendekati dengan batas frekuensi yang bisa didengar oleh manusia dan ada juga yang jauh diatas frekuensi pendengaran manusia. Berdasarkan range frekuensi, gelombang suara dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) macam yaitu : Infrasonic (1 Hz sd 20 Hz)Acoustic (20 Hz sd 20.000 Hz)Ultrasonic ( > 20.000 H)
Berikut beberapa contoh hewan dengan batas frekuensi yang bisa didengarnya :
1.Frekuensi Yang Bisa Didengar Kelelawar Kelelawar merupakan hewan yang bisa terbang dalam kegelapan. Mereka tidak menggunakan mata untuk melihat dalam gelap melainkan dengan menggunakan suara dengan frekuensi tinggi atau yang lebih dikenal sebagai gelombang ultrasonic. Ketika terbang kelelawar memancarkan gelombang ultrasonic yang kemudian gelombang tersebut akan diterima kembali oleh kelelawar setelah dipantulkan kembali oleh benda atau dind…

Hasil Olahan Beras Padi dan Cara Membuatnya

Hai! Bertemu lagi dengan saya. Kali ini saya akan membahas tentang hasil olahan beras padi dan cara membuatnya. Berikut beberapa resep yang dapat saya sampaikan :

1. Bubur Ayam





Bahan yang diperlukan untuk membuat bubur Sediakan beras kualitas bagus sebanyak 200 gram. Kualitas beras sangat penting karena berpengaruh pada tampilan bubur anda.Kaldu ayam sebanyak 2 liter.Sediakan daun salam sebanyak 3 lembar.Garam ± 2 sendok teh.Bahan bahan untuk bumbu halus Ambil bawang putih ukuran sedang sebanyak 4 siung.Ambil juga bawang merah kira kira 6 hingga 7 buah.Sediakan juga ketumbar sekitar 1 sendok teh.Dan juga kemiri 5 butir.Jangan lupa kupas kunyit paling tidak 1 cm sajaBahan bahan untuk kuah bubur ayam Sebaiknya gunakan 1 ekor ayam kampung.Air bersih sekitar ¾ liter.Garam 1 sendok teh.Lada bubuk ± ½ sendok teh.Biji pala gunakan setengahnya saja.Sediakan juga kecap manis paling tidak 2 sendok makan.Sedikit minyak goreng untuk menumis.Bahan bahan pelengkap lainnya 1 batang seledri dan iris tipis …